Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Sidak Pasar Asinua, Pj Bupati Konawe Pastikan Harga Pangan Stabil Sebelum Idul Fitri 1445 H

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba saat memastikan ketersediaan dan harga minyak goreng dipasaran tetap stabil. (Foto: Suarakarsa/RW)

KONAWE – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Asinua Ketapang, Kelurahan Asinua, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe untuk memastikan harga pangan tetap stabil dan tidak mengalami kenaikan yang signifikan sebelum Hari Raya Idul Fitri, Senin, 18 Maret 2024.

Sidak ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe untuk mengawasi dan mengontrol harga-harga pangan agar tetap terjangkau oleh masyarakat, terutama di saat-saat menjelang perayaan Idul Fitri 1445 H.

Dalam sidak tersebut, Pj Bupati Konawe didampingi kepala Bulog Konawe serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selain memantau langsung harga-harga pangan, Harmin Ramba juga melakukan komunikasi dengan pedagang serta pengunjung pasar untuk mendapatkan informasi terkait kondisi harga pangan secara real-time.

Selain sidak harga-harga pangan di pasar Asinua tersebut, Pemkab Konawe bersama Bulog Konawe juga melaksanakan pasar murah bagi masyarakat terutama sembilan bahan pokok seperti beras berukuran 5 kilogram dan juga minyak goreng jenis Minyakita.

Baca Juga  Peringati Hari Korpri ke-52, Ini Harapan Harmin Ramba Untuk Para ASN Konawe

Harmin Ramba menyampaikan pentingnya menjaga stabilitas harga pangan sebagai upaya untuk mencegah terjadinya kelangkaan dan kenaikan harga pangan yang berlebihan.

Ia juga mengatakan bahwa Pemkab Konawe akan terus berupaya menjaga ketersediaan dan aksesibilitas pangan bagi masyarakat, terutama di saat-saat yang kritis seperti menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kehadiran saya di Pasar Asinua ini dalam upaya mengendalikan laju inflasi daerah di kabupaten konawe, serta menjawab isu yang berkembang terjadinya kelangkaan minyak goreng jenis “Minyakita” dan faktanya masih banyak tersedia di pasar asinua ini dengan harga Rp 14.000/liter,” kata Harmin Ramba.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa ketersediaan minyak goreng di gudang bulog masih kategori aman hingga 2 bulan ke depan.

Baca Juga  Pj Bupati Harmin Ramba dan Dirut BPR Bahteramas Konawe Diganjar Penghargaan Top BUMD Awards 2024

“Stok minyak goreng di gudang Bulog masih tersedia kurang lebih 42.000 liter dan masyarakat dapat mengakses minyak tersebut baik di outlet-outlet Bulog yang ada di pasar asinua maupun di gudang Bulog. Hanya tidak boleh membeli grosiran disana dan semua dijual eceran,” ucapnya.

Ia berharap, agar tidak terjadi penimbunan sembako yang dilakukan oleh oknum, namun masyarakat diharapkan membeli berdasarkan kebutuhan baik berupa beras maupun minyak goreng, sehingga jelang Idul Fitri 1445 H, ketersedian Sembilan bahan pokok tetap aman.

Pj Bupati Harmin mengakui memang ada kenaikan beberapa komoditas, namun kenaikan itu secara wajar karena secara nasional baik beras, cabe keriting maupun tomat.

Baca Juga  Pemda Gelar Finalisasi Ekspose 100 Hari Kinerja Pj Bupati Konawe ke Kemendagri

“Saya menghimbau kepada masyarakat Konawe agar memanfaatkan lahan pekarangannya dengan menanam tomat dan cabai” jelas mantan Camat Abuki ini

“Semoga upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah hari ini dapat membantu menjaga stabilitas harga pangan dan kesejahteraan masyarakat di Konawe,” pungkasnya.(**)