Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Soal Penanganan Banjir, Ketua DPRD Konawe Tekankan Pemda Agar Mengkaji Secara Tehnis

Ketua DPRD Konawe, H. Ardin saat diwawancarai soal penanganan banjir yang melanda beberapa wilayah Kabupaten Konawe

KONAWE – Ketua DPRD Konawe, H. Ardin mendorong atensi terhadap Pemerintah Daerah (Pemda) dalam memberikan bantuan jangka pendek dan jangka panjang kepada masyarakat yang terdampak banjir dibeberapa wilayah Kabupaten Konawe akibat adanya musim penghujan.

“Saya kira baguslah, bantuan jangka pendek dan jangka panjang nantinya yang akan diberikan oleh Pemda, ” ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Rabu (29/5) kemarin.

Namun, kata Politisi PAN ini menjelaskan Pemda terlebih dahulu harus melihat regulasinya.

“Selama itu memungkinkan, yah silahkan. Tapi kepentingan masyarakat itu harus berpikir cepat untuk membantu warga yang terdampak banjir,” kata Ardin.

Ia juga menyampaikan pemerintah daerah harus mengkaji dan membenahi serta melihat akar persoalan terjadinya banjir di beberapa wilayah yang terdampak banjir.

Baca Juga  Rugikan Negara 34,5 Milyar; LAKI Sultra Resmi Laporkan Dugaan Kerugian Negara di Kejati Sultra

“Sekarang itu harus di kaji oleh pemerintah jangan membiarkan itu. Silahkan di benahi lihat akar persoalan, dibenahi ulang dan dilihat,” imbuhnya.

“Itulah masyarakat yang mereka harapkan. Kami support dari anggaran kita kan setuju-setuju saja apa yang diusulkan dari pemerintah karena yang melaksanakan itu pemerintah bukan kita,” ucapnya lagi.

Ketua DPC PAN ini juga menambahkan pemerintah daerah harus butuh kajian yang mendalam terhadap daerah-daerah yang rawan banjir. Sehingga dipetakan dan dicarikan solusinya supaya jika musim penghujan dampak banjir tidak terlalu besar lagi.

“Paling tidak dapat mengurangi volume banjir macam kemarin Pak PJ Bupati di pondidaha bilang akan membuat penampungan jika secara tehnis dan secara baik-baik kalau itu solusinya kenapa tidak dilakukan, Alhamdulillah pondidaha banjir sudah tidak terlalu, karena adanya bendungan Ameroro mengurangi banjir karena air dari atas,” tuturnya.

Baca Juga  Kunjungan ke PT SCM, Harmin Ramba Ungkap Hadirnya PT IKIP Bakal Menyerap Puluhan Ribu Tenaga Kerja Lokal

Namun demikian, ia tidak mempunyai kompetensi untuk berbicara lebih jauh karena itu ada ahlinya.

“Dirapatkan lah, harus banyak rapat lah, banyak memanggil orang-orang tehnis pada saat membuat kebijakan itu agar tepat sasaran,” jelasnya.(IF)