Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Teknologi Edge-to-Edge pada Layar Handphone, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Teknologi Edge-to-Edge pada layar ini memungkinkan ponsel memiliki tampilan layar yang lebih luas dan minimal bezel (bingkai),
Teknologi Edge-to-Edge pada layar ini memungkinkan ponsel memiliki tampilan layar yang lebih luas dan minimal bezel (bingkai). (Canva by Cottonbro Studio)

Penggunaan teknologi Edge-to-Edge pada layar handphone telah menjadi tren di industri smartphone.

Teknologi ini memungkinkan ponsel memiliki tampilan layar yang lebih luas dan minimal bezel (bingkai), sehingga menciptakan pengalaman visual yang lebih immersif.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas kelebihan dan kekurangan dari teknologi Edge-to-Edge pada layar handphone yang kita rangkum dari berbagai sumber.

Kelebihan Teknologi Edge-to-Edge pada Layar Handphone

1. Tampilan Lebih Luas dan Immersif

Dengan teknologi ini, ponsel dapat memiliki layar yang meluas dari tepi ke tepi, tanpa bezel yang mengganggu.

Hal ini memberikan tampilan yang lebih luas dan memberikan pengalaman menonton video, bermain game, atau menjelajahi konten secara lebih imersif.

2. Desain Elegan dan Modern

Penghapusan bezel membuat ponsel terlihat lebih ramping, elegan, dan modern. Desain yang minimalis ini memberikan tampilan yang menarik dan premium bagi pengguna.

Baca Juga  Barang Bawaan ke Luar Negeri Harus Lapor Bea Cukai

3. Fitur Tambahan

Beberapa ponsel dengan teknologi Edge-to-Edge menyertakan fitur tambahan di tepi layar yang dapat diakses dengan sentuhan atau gerakan tertentu.

Fitur ini dapat berupa pemanggilan cepat, pintasan aplikasi, atau fitur khusus lainnya.

4. Daya Tarik untuk Konsumen

Teknologi Edge-to-Edge menjadi salah satu daya tarik bagi konsumen saat memilih ponsel baru.

Ponsel dengan tampilan layar yang luas dan minimal bezel biasanya lebih diminati karena tampilannya yang futuristik dan elegan.

Kekurangan Teknologi Edge-to-Edge pada Layar Handphone

1. Rentan Terhadap Kerusakan

Layar yang meluas dari tepi ke tepi membuat ponsel menjadi lebih rentan terhadap kerusakan saat terjatuh.

Ketika ponsel jatuh, bagian layar yang menonjol cenderung lebih mudah retak atau pecah.

Baca Juga  Ponsel Inovatif: Mengenal Samsung Galaxy Z Fold 3

2. Kesulitan dalam Merekatkan Pelindung Layar

Pemasangan pelindung layar pada ponsel dengan layar Edge-to-Edge bisa menjadi tantangan.

Beberapa pelindung layar mungkin tidak dapat menutupi seluruh area layar dengan sempurna karena bentuk layar yang melengkung di tepi.

3. Ketidaknyamanan saat Memegang Ponsel

Bezel yang minimal dapat menyebabkan kesulitan saat memegang ponsel, terutama untuk tindakan menggeser layar dari tepi ke tengah.

Ini bisa mengakibatkan sentuhan yang tidak diinginkan pada layar.

4. Biaya Produksi Lebih Tinggi

Proses produksi ponsel dengan Edge-to-Edge biasanya lebih rumit dan memerlukan material yang lebih mahal.

Akibatnya, harga ponsel dengan layar semacam ini mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan ponsel dengan desain tradisional.

5. Keterbatasan Teknologi

Beberapa model ponsel dengan layar Edge-to-Edge mungkin mengalami keterbatasan teknologi seperti ketahanan air atau ruang untuk komponen perangkat keras tambahan.

Baca Juga  Spesifikasi Oppo K11 Pro 5G, Keajaiban Performa dan Keunggulan Kamera yang Mengagumkan

Meskipun Edge-to-Edge pada layar handphone menawarkan tampilan yang lebih luas dan desain yang menarik, tetap terdapat beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh konsumen.

Memilih ponsel dengan teknologi ini sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna, serta dilengkapi dengan pengaman layar yang tepat untuk melindungi dari kerusakan.***