Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Besok, Pj Bupati Konawe Bakal Tinjau Lokasi Bendungan Ameroro Sebelum Kunker Presiden Jokowi

KONAWE – Penjabat (Pj) Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba, SE, MM, dijadwalkan bakal melakukan peninjauan lokasi pembangunan Bendungan Ameroro, di Desa Tamesandi, Kecamatan Uepai, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Kamis, 5 Mei 2024.

Peninjauan lokasi ini dilakukan menjelang kunjungan kerja (Kunker) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 13 – 14 Mei 2024 di Sulawesi Tenggara.

“Besok bada Jum’at, kita akan lakukan peninjauan lokasi Bendungan,” kata Harmin Ramba.

Disebutkan kedatangan Presiden di Kabupaten Konawe guna meresmikan Bendungan Ameroro dan Penataan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Kabupaten Konawe.

Untuk diketahui sebelumnya, Bendungan Ameroro mulai dikerjakan pada Desember 2020 dengan biaya APBN sebesar Rp1,6 triliun. Proyek yang digarap melalui kerja sama operasi (KSO) dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk., (Adhi Karya) (KSO HK-Adhi).

Baca Juga  Hadiri Halalbihalal di Lambuya, Harmin Ramba Sebut Kehadirannya Pure Untuk Membangun Konawe

Perinciannya yakni porsi Hutama Karya sebesar 65% dan Adhi 35%, dengan total luas garapan lahan mencapai 578,78 hektare (Ha) dengan kapasitas tampung 98 juta m3 dan luas genangan 380 Ha.

Kehadiran Bendungan Ameroro yang berlokasi di Kecamatan Uepai, Sulawesi Tenggara ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar di antaranya berpotensi menambah layanan daerah irigasi seluas 3.363 Ha yang mana sebelumnya hanya sebesar 1.903 Ha.

Di samping itu, bendungan ini juga berperan sebagai pemenuhan air baku sebesar 511 liter per detik, berpotensi dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTM) sebesar 1.3 megawatt, sebagai pengendali banjir di Kabupaten Konawe sebesar 443 m3/detik dan potensi menjadi objek wisata bagi masyarakat sekitar.(Fbr)